Mengenal Sukuk Sebagai Instrumen Investasi

rm
0


Republikmenulis.com
-- Sukuk adalah surat berharga jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah berdasarkan prinsip syariah. Sukuk diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh mendapatkan tambahan dana dari investor. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur, properti dan pembangunan lainnya. Tidak seperti obligasi konvensional yang berbasis bunga, sukuk dirancang untuk memenuhi prinsip-prinsip syariah yang melarang riba (bunga) dan spekulasi berlebihan. Sukuk juga dapat menjadi bukti kepemilikan atas aset yang dimiliki perusahaan. 

Jenis-Jenis Sukuk

Dalam penerapannya, sukuk dapat dikategorikan menjadi tiga jenis. Pertama, Sukuk Mudharabah. Sukuk Mudharabah adalah sukuk yang cara kerjanya melibatkan kemitraan di mana satu pihak menyediakan modal dan pihak lainnya mengelola usaha. Keuntungan dari usaha tersebut dibagi sesuai dengan kesepakatan awal. Pemegang sukuk mendapatkan bagi hasil dari keuntungan yang dihasilkan.

Kedua, Sukuk Musyarakah. Sukuk Musyarakah adalah jenis sukuk yang berbasis pada kemitraan antara dua pihak atau lebih untuk berinvestasi dalam proyek tertentu. Keuntungan dan kerugian dibagi sesuai dengan kontribusi modal masing-masing pihak.

Ketiga, Sukuk Ijarah. Sukuk Ijarah adalah jenis sukuk yang didasarkan pada kontrak sewa. Pemegang sukuk memiliki hak atas pendapatan yang dihasilkan dari aset yang disewa. Ini mirip dengan obligasi dengan pendapatan tetap, di mana investor menerima pembayaran sewa secara berkala. 

Keunggulan Sukuk

Sukuk juga memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Sebagai instrumen investasi. Sukuk bisa menjadi alternatif investasi bagi masyarakat karena menawarkan imbal hasil yang cukup menguntungkan dibandingkan bunga deposito. Keuntungan yang diberikan adalah berupa imbal hasil dengan persentase tertentu dan tentunya sesuai dengan prinsip syariah islam yang tidak mengandung unsur riba. Selain itu, sukuk juga merupakan instrument investasi yang aman dari unsur riba, gharar, dan maysir karena sudah sesuai dengan prinsip syariah.

Selanjutnya, sukuk juga menawarkan keamanan investasi bagi investor karena sukuk didukung oleh aset nyata. kepemilikan pada aset ini juga dapat membantu mengurangi risiko kerugian. Selain itu, sukuk dapat berkontribusi bagi perekonomian suatu negara, karena dana yang diperoleh dari sukuk banyak digunakan untuk pembangunan proyek infrastruktur seperti jalan, jembatan, serta akses infrastruktur lainnya sehingga dapat berdampak positif bagi perkembangan ekonomi suatu negara. 

Kekurangan Sukuk

Meskipun memiliki keuntungan, sukuk juga memiliki sejumlah kekurangan. Pertama, likuiditas yang terbatas. Jangkauan perdagangan pada pasar sukuk lebih kecil dibandingkan dengan pasar obligasi konvensional, sehingga sering kali kurang likuid dibandingkan dengan pasar obligasi konvensional. Ini berarti bahwa investor akan mengalami kesulitan saat ingin menjual sukuk sebelum jatuh tempo.

Kedua, risiko pasar. Meskipun sukuk didukung oleh aset, bukan berarti sukuk sepenuhnya bebas risiko. Perubahan kondisi pasar seperti fluktuasi turun naiknya tingkat suku bunga atau risiko kredit dari penerbit dapat mempengaruhi nilai sukuk.

Ketiga, tingkat keuntungan yang lebih rendah dibandingkan aset investasi lain. Meskipun sukuk termasuk instrumen investasi yang memiliki stabilitas, namun imbal hasil yang ditawarkan cenderung kebih rendah apabila dibandingkan dengan investasi yang lebih berisiko seperti saham. Bagi investor yang mencari imbal hasil yang tinggi mungkin menganggap imbal hasil pada sukuk kurang menarik.

Kesimpulan

Sukuk adalah salah satu jenis instrumen keuangan yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk berinvestasi. menawarkan berbagai jenis instrumen yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko bagi investor. Keunggulan yang dimilikinya, seperti instrumen investasi, sesuai dengan prinsip syariah, dan keamanan investasi dapat menjadi pilihan yang menarik di pasar keuangan. Meskipun memiliki banyak keunggulan, sukuk juga memiliki kekurangan. Tentunya dengan pemahaman yang baik tentang jenis, keunggulan, dan kekurangan sukuk maka kita dapat membuat keputusan yang bijak sebelum membeli dan berinvestasi pada sukuk agar terhindar dari risiko-risiko yang ada. 

(Penulis, Zaid Ahmad Syakir, Mahasiswa STEI SEBI)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)